Selasa, 24 November 2009

tugas manajemen 7

1.Sebutkan ciri-ciri khusus yang ada dalam stuktur organisasi fungsional !
Jawab :
Disini bawahan dapat menerima perintah dari banyak atasan yang mempunyai hubungan secara fungsional. Dapat diambil contoh seorang montir motor dapat menerima perintah dari bagian mana saja yang memerlukan service motornya, baik itu bagian pemasaran, bagian produksi, bagian pembelian, dan lain sebagainya.

2.Dalam menyusun organisasi harus selalu memperhatikan rentang manajemen (span of control). Mengapa jumlah bawahan harus dibatasi ?
Jawab :
Bahwa rentang manajemen menunjukan jumlah bawahan langsung yang dapat diawasi secara efektif dan efisien oleh seorang pemimpin. Apabila jumlah bawahan tidak dibatasi jumlahnya tentunya akan menimbulkan kesulitan bagi organisasi itu sendiri. Kelemahan bawahan yang luas akan menimbulakan :
  1. fungsi pengawasan akan sulit dilaksanakan.
  2. Kemajuan tiap bawahan sukar untuk diikuti.
  3. Waktu kerja pimpinan akan habis karena mengurusi pekerjaan rutin mengawasi bawahan, sehingga tidak ada waktu untuk mengembangkan organisasinya.
  4. Pimpinan sulit menyesuaikan diri dengan bawahan.

  1. Sebutkan cirri-ciri khusus yang ada dalam stuktur organisasi matriks !
Jawab :
Dalam organisasi matriks terjadi adanya kontak koordinasi antara  bagian yang ada dalam organisasi secara langsung. Dimana disini menggunakan pendekatan structural dan fungsional secara bersama-sama.

 3.Sebutkan Ciri-ciri khusus yang ada dalam sturktur organisasi proyek  !
Jawab :
Apabila tujuan proyek sudah selesai, maka organisasi akan bubar dan bawahan akan kembali pada masing-masing bagiannya, jadi organisasi ini sifatnya hanya sementara dalam menyelesaikan suatu proyek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar